Dari IPpO

Minggu, 27 Maret 2011

makalah konsep kebidanan


BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Pelayanan kebidanan adalah seluruh tugas yang menjadi tanggung jawab praktik profesi bidan dalam sistem pelayanan kesehatan yang bertujuan meningkatkan kesehatan.
Pada pelayanan kebidanan terdapat tiga macam pelayanan kebidanan yaitu pelayanan kebidanan pelayanan bidan tugas mandiri, pelayanan kebidanan kolaborasi, dan pelayanan kebidanan rujukan, yang disertai dengan masing-masing contoh.
Bidan tugas mandiri yaitu layanan yang diberikan bidan secara mandiri,bidan bertanggung jawab penuh akan tindakannya.Contoh bidan tugas bidan menolong persalinan normal.
Layanan kolaborasi adalah layanan yang dilakukan oleh bidan sebagai anggota tim yang kegiatannya dilakukan secara bersamaaan atau sebagai salah satu dari sebuah proses kegiatan pelayanan kesehatan.melaksanakan asuhan kebidanan pada bayi lahir dengan resiko tinggidan memberikan pertolonganpertama sesuai prioritas.contoh pelayanan kebidanan kolaborasi adalah ibu hamil yang di sertai komplikasi hipertensi.
Layanan rujukan adalah suatu sistem jaringan fasilitas pelayanan kesehatanyang memungkinkan terjadi nyapenyerahan tanggung jawab secara timbal-balik atas masalah yang timbulbaik secara vertikal(komunikasi antara unit yang sederajat)maupun horizontal(komunikasi inti yang lebih tinggi keunit yang lebih rendah)kefasilitas pelayanan yang lebih kompeten,terjangkau,rasional dan tidak dibatasi oleh wilayah administrasi.Contoh pelayanan kebidanan tugas rujukan misalnya ibu hamil yang memiliki berat bayi berlebihan.



B.     Tujuan
1.  Untuk memenuhi tugas konsep kebidanan
2.  Memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang pengertian dan macam-macam pelayanan kebidanan.



























BAB II
PEMBAHASAN


A.     PENGERTIAN PELAYANAN KEBIDANAN
Ibu dan anak dalam rangka mewujudkan kesehatan keluarga dan masyarakat. Pelayanan kebidanan adalah seluruh tugas yang menjadi tanggung jawab praktik profesi bidan dalam sistem pelayanan kesehatan yang bertujuan meningkatkn kesehatan
Pelayanan kebidanan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan,yang diarahkan untuk mewujudkan kesehatan dalam rangka tercapainya keluarga yang berkualitas.
Pelayanan kebidanan merupakan layanan yang diberikan oleh bidan sesuai  kewenangan yang diberikannya dengan maksud  meningkatkan kesehatan ibu dan anak dalam rangka tercapainya keluarga berkualitas, bahagia, dan sejahtera.
Sasaran  pelayanan kebidanan adalah individu,keluarga dan masyarakat yang meliputi upaya peningkatan, pencegahan, penyembuhan, dan pemulihan.

B.     LAYANAN KEBIDANAN DAPAT DIBEDAKAN MENJADI
1.  Layanan Kebidanan Mandiri
Layanan kebidanan mandiri ialah layanan bidan yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab bidan.
Contoh:
- Apabila seorang pasien hendak melahirkan dirumah bersalin bidan      praktik mandiri,maka bidan tersebut bertanggung jawab sepenuhnya atas pasien tersebut dengan keadaan sehat baik ibu maupun bayinya.
-  Bidan melayani KB, misalnya: Suntik, pil, IUD, dll.
-  Mengkaji setatus keadaan klien saat hamil.
-  Mengefaluasi hasil asuhan yang telah diberikan kepada klien.
-  Melaksanakan asuhan kebidanan yang telah direncanakan bersama klien.

2.  Layanan kebidanan kolaborasi
Layanan kebidanan kolaborasi adalah layanan yang dilakukan oleh bidan sebagai anggota tim yang kegiatannya di lakukan secara bersamaan atau sebagai salah satu urutan dari sebuah proses kegiatan pelayanan kesehatan.
Apabila seorang pasien yang melahirkan di klinik rumah bersalin  atau dirumah sakit dan seorang bidan mandiri tidak mampu menangani pasien sendiri.
Contoh:
- pasien mengalami kritis atau mungkin ada suatu penghambat pada kelahiran maka seorang bidan melakukan pelayanan kolaborasi dengan paramedis yang lain misal nya dokter kandungan.
- Pada ibu hamil yang mengalami kekurangan gizi maka bidan bekerjasana dengan ahli gizi.

       3.  Layanan kebidanan rujukan
Layanan kebidanan rujukan adalah layanan yang di lakukan oleh bidan dalam rangka rujukan ke sistem pelayanan yang lebih tinggi atau sebaliknya,yaitu pelayanan yang dilakukan oleh bidan sewaktu menerima rujukan dari dukun yang menolong  persalinan, juga layanan rujukan yang dilakukan bidan ketempat atau fasilitas pelayanan kesehatan lain secara horizontal maupun vertikal atau ke profesi kesehatan  lainnya.layanan kebidanan yang tepat akan meningkatkan keamanan dan kesejahteraan ibu serta bayinya.
Contoh:
- Seorang pasien yang akan melahirkan dirumah bersalin dan keadaan pasien sangat kritis atau bisa karena pasien menderita sebuah penyakit yang bisa membahayakan ibu dan bayi maka bidan mandiri wajib
melakukan tindakan rujukan demi keselamatan ibu dan bayi berdasar kan persetujuan dari keluarga pasien.
- Ketuban pecah pada persalinan kurang bulan.
            - Terjadi pendarahan pada saat melahirkan.
            - Berat Badan Bayi lebih dari 4kg.
            - Adanya bayi kembar.
- Keguguran yang tidak bersih sehingga bidan wajib melakukan rujukan ketempat yang memili fasilitas memadahi serta memiliki kewenangan untuk hal tersebut.


























BAB III
PENUTUP

Kesimpulan :
Layanan Bidan tugas mandiri yaitu layanan yang diberikan bidan secara mandiri,bidan bertanggungjawab penuh akan tindakannya.Contoh bidan tugas bidan menolong persalinan normal.
Layanan Bidan tugas kolaborasi adalah layanan yang dilakukan oleh bidan sebagai anggota tim yang kegiatannya dilakukan secara bersamaaan atau sebagai salah satu dari sebuah proses kegiatan pelayanan kesehatan.melaksanakan asuhan kebidanan pada bayi lahir dengan resiko tinggi dan memberikan pertolonganpertama sesuai prioritas.contoh pelayanan kebidanan kolaborasi adalah ibu hamil yang di sertai komplikasi hipertensi.
Layanan rujukan adalah suatu sistem jaringan fasilitas pelayanan kesehatanyang memungkinkan terjadinya penyerahan tanggung jawab secara timbal-balik atas masalah yang timbul baik secara horizontal (komunikasi antara unit yang sederajat) maupun vertika (komunikasi inti yang lebih tinggi keunit yang lebih rendah)  kefasilitas pelayanan yang lebih kompeten,terjangkau,rasional dan tidak dibatasioleh wilayah administrasi.Contoh pelayanan kebidanan tugas rujukan misalnya ibu hamilyang memiliki berat bayi yang berlebihan.











DAFTAR PUSTAKA


http://books.google.co.id/books?isbn.com
http://www.hukor.depkes.go.id.com

















TUGAS KONSEP KEBIDANAN
Dosen Pengampu : Henny Soetikno, S.SiT M. Kes











    Disusun Oleh:

1.      Andini Novitasari
2.      Devi Tri Rahayu
3.      Febrila Sabatini 
4.      Jayanti Agus Arini
5.      Maulidya Candra P.
6.      Purwati
7.      Sri Hendarti
8.      Yuvita Andrianingsih


PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN HARAPAN BANGSA
PURWOKERTO

 
2011
KATA PENGANTAR


Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karna atas berkat dan rahmat-nya kami dapat menyelesaikan makalah untuk memenuhi tugas konsep kebidanan.
            Makalah ini menjelaskan tentang pengertian pelayanan kebidanan yang termasuk didalam nya terdapat macam-macam pelayanan kebidanan yang di ikuti dengan contoh-contoh nya.
            Kami berharap dengan ada nya makalah ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca agar lebih mudah dalam memahami tentang pelayanan kebidanan.Kami berharap saran-saran yang baik bisa menjadi tolak ukur kami dalam menyelesaikan makalah selanjutnya agar menjadi lebih baik.kami menyadari makalah ini masih memiliki kekurangan sehingga kritik dan saran sangat kami harap kan.Atas perhatian nya kami ucapkan terima kasih.


                                                Purwokerto,    Oktober 2011



                                                            Penyusun









ii
 
 

DAFTAR ISI



Halaman Judul  i
Kata Pengantar..................................................................................... ii........
Daftar Isi          .................................................................................... iii........
BAB I              Pendahuluan................................................................. 1
A.                Latar Belakang ............................................................ 1
B.                Tujuan.......................................................................... 2
BAB II            Pembahasan................................................................. 3
A.                Pengertian Layanan kebidanan...................................... 3
B.                Macam-macam layanan kebidanan................................ 3
BAB III           Kesimpulan................................................................... 5
Daftar Pustaka 6
                       






iii
 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar